Subscribe

Kamis, 24 Juli 2008

HARTA BERHARGA





Aslm Wr Wb

Harta, banyak orang yang nilang harta yang berharga adalah sebuah bernda yang berharga yang bernilai tinggi dan dapat di beli oleh uang. Seperti cincin berlian yang mahal haraganya dan juga seperti emas murni yang mahal harganya bermiliar miliar. Semua itu memang benar harta yang berharaga yang bernilai tinggi dan belum tentu semua orang mempunyainya dan bila tak punyapun tak menyesal. Tapi maksuds say menulis harta yang berharga adalah sesuatu yang apabila ini sudah jarang atau sudah tak murni akan menjadi penyakit dalam diri kita. Maksudnya adalah sesuatu yang sering kita gunakan sehingga tak sadar bahwa bila itu menghilan atau sudah tak lagi bersih kita akan mersa kehilangan yang sangat-sangat berat. Jadi harta berharaga yang sudah tak murni lagi dan tak bersih lagi adalah udara untuk nafas. Mnusia memerlukan nafas pada hakekatnya untuk bisa hidup sehingga tak kita sadari bahwa ternyata bahwa bernafas sangat penting. Ternyata sekarang mencari udara segar sudah sangat susah. Dikatakam susah karena sekarang hutan atu pegunungan yang kita anggap sebagai tempat penghasil udara segar kini sudah menjadi perhotelan atau menjadi vila. Kita ambil peristiwa yang ada di dunia saat ini. Sekarang di daerah bejjing kini udara segar sudah sangat susah. Mengapa di bilang susah karena para atalet menegeluhkan tentang udara di daerah bejjing. Menurut mereka udara di bejjing sudah tercampur dengan polusi udara yang banyak. Sehingga para atlet mengirim surat rekomendasi bahwa mereka ingin di ijinkan memakai obat. Karena setiap atlet memerlukan nafas hingga 40-50 kali dalam satu menit untuk menyehatkan ataupun untuk mengambil udara. Bila udara yang para atlet ambil dan masukan kedalam tubuh adalah udara yang kotor dan bercampur dengan debu apa yang terjadi dengan para atlit?. Sedangkan yang neghirup udara di sana bukan hanaya atlet tapi semua penduduk di sana menghirup udara yang ada disana. Sekarang kita ke negara kita. Kita ketahui bahwa indonesia kadaanya sekarang lebih buruk dari bejjing. Sekarang hutan di kita lebih buruk dan keadan udaranyapun lebih buruk. Sekarang kota jakarta yang memegang kota sanagat berpolusi buruk. Bagai mana dengan para warga yang menghirup udara yang ada di jakarta. Sekarang udara yang bertebaran di jakarta bukan hanya oksigen dan angin. Tapi kini yang bertebaran di udara adalah seperti:
1 DEBU: Emisi kendaran bermotor dan batu bara dari pembangkit listrik. Parikel-pertikel debu bisa menembus masuk sampai trakea atau batang tengorokan dan paru-paru bahkan bisa menembus hingga ke aliran darah. Selain menyebabkan kanker, polutan ini menyebabkan serangan atau penyakit stroke, jantung, dan zhermier.
2. OZON: Kabut asap fotokimiawi yang terbentuk sebagai produk sinar urtra violet yang menerjang molekul nitrogen oksida. Ozon berdampak langsung pada kinerja dan kondisi paru-paru, saluran penafasan, serta mata. Jika terserap dalam kisentarsi tinggi, ozon bisa menyebabkanoede alias paru-paru basah.
3. KARBON MONOKSIDA: Paling besar dari emisi kendaraan bermotor. Polutan yang ssetu yang satu ini nisa terkait oleh hemoglobin, menggantikan tempat yang semestinya di isi oleh oksigan, sehingga menyebabkan sel-sel atau organ tubuh sesak nafas
4. SULFUR DIOKSIDA:Bersumber dari proses dari hasil pembakaran fosildan unsur minyak berat. Jika berkombinasi dengan air sehingga membentuk asam sulfurik, senyawa menyebabkan radang saluran pernafasan.
4.NITROGEN DIOKSIDA:Berasal darikenalpot-kenalpot kendaran bermotor yang bisa meyebabkan iritasi pada paru-paru, menurunkan kekebalan organ itu pada intesi pernafasan
nah itu tadi adalah data-data yang ada alias yang bertebaran di udara selain oksigen. Bagai mana kalo sampai anak-anak atau balita yang menghirup udara yang kotor itu. Sekarang memang memang udah parah keadaan bumi ini. Bukan hanya di daerah kota saja yang terkena pencemaran udara tapi, sekarang ternyata derah perdesaan juga sudah tercemar oleh zat kimia yang sering di gunakan di perdesaan. Zat kimia yang berbahaya di perdesaan yang menyebabkan keguguran bagi para wanita adalah pestisida. menurut penelitian wanita yang bekerja di pertanian dengan frekuensi penyemprotan pesti sida bisa 75% keguguran. Itu tadi akibat dari pencemaran yang ada di desa. Karena apa pestisida yang bertebaran di perswaha terbawa oleh angin dan memasuki wilayah oerkampungan dan di perkampungan di hirup oleh warag dan anak baliat. Bila ini di biarkan apakah tak menjadi racun bagi mereka?. Oleh sebab itu kalo memang inin mengambil jalan pintas yang cerpat plih lah yang tak menimbulkan dampak negatif yang tinggi. Contoh kalo trans portasi sepedah kalo di desda biar gak ada hama kasih obat yang begitu berdampak negatif yang tinggi. Pilhlah yang alami-alami sajah dan aman.

Tidak ada komentar: